Minggu, 03 April 2011

Dolanan bocah dan tari

 senyum dan ketawa sendiri kalo kita selalu mengingat jaman kecil kita dulu...bermain bersama teman teman dan bersendau gurau yang tak pernah abis nya wakakakakaka..
masih terbayang selalu dan mengasik kan..maen yoyo : terbuat dari kayu bulat yg di kasih tali lalu di siiir siiir kan,waah banyak banget permainan / dolanan bocah yang aseek dan ramah terhadap anak dan lingkungan..mmm ada maen dakon ...maen sir..sir pong...maen ulo ulo nan...maen ketan untel untelan...maen yeye...maen gasing..maenn waaah jiiii aaan pokoknya banyak sekali dolanan jaman dulu yang menyenangkan dan membuat selalu ingin ketemu dengan teman..
dolanan bocah kolaborasi dengan gerak tari tidak asing buat masyarakat ledok tukangan...karena memang setiap ada kegiatan kesenian mereka selalu tampil...mereka selalu antusias walau memang tidak profesional...tapi jangan salah dah pernah go internasional event dalam partisipant dengan festival kesenian yogyakarta 2008..mmm memang indah menarik untuk selalu di ceritakan dan selalu saja tidak pernah akan malu bercerita tentang dolanan bocah..
itulah kampung...yaaa memang kampung identik dengan wong ra pendidikan dan rak intelek blass...tapi jangan tanya kampung selalu mempunyai sejuta potensi yang mempesona walaupun itu dengan tidak profesional dan minimalis suport dan properti..

tetep menjadi puncak kesenangan ketika semua keluar secara apresitif walau kadang tidak butuh esensi dan estetika dunia art.dengan proses seadanya dan gerakan tanpa ada formal-formalan kampung sanggup menciptakan pergelaran dan pertunjukan yang tidak kalah dengan yang di isi ( akademisi ) atau taman budaya ( komunitas seniman kaya - kaya ).
selalu apik jika melihat kampung...anak-anak...dan dolanan bocah, selalu saja berpikir kok bisa ya mereka ???
dolanan bocah memang menarik untuk menjadi permainan dan menarik juga untuk menjadi pertunjukan yang mempesona.
tuu lihat dalam foto itu semua ..yaaa mereka anak kampung..anak kampung yang tidak ada yang kursus tari atau ikut komunitas tari dan seni..tapi mereka pintar dan lincah dalam setiap gerakannya.
minimal kampung ledok tukangan...kampung mereka pernah membuat sejarah dan cerita buat mereka nanti kalau sudah dewasa..tentunya nanti akan bercerita dengan aseek nya proses sejarah atau berkesenian mereka dulu ketika kecil.
indah memang kampung dan dolanan bocah...seindah sunset di menara efiel atau seindah karimunjawa mungkin hehehe..
dolanan bocah dengan kuda lumpingnya....ceeeeteeer...ceeetttteer....sampai tidak sadar mereka menjadi seniman sekaliber didik ninik towok...bagong..atau seniman - seniman internasional..mmm sangat senang dan aseek.
walaupun itu sesaat cerita bagi mereka...aku pikir mereka juga mungkin bercita-cita beda..mungkin pengen jadi presiden...atau malah mungkin pengen mendarat dolanan bocah di bulan paling hehehe
yang jelas itulah mereka...walau anak - anak kampung tapi perfomance art mereka juga mengguncang dunia bahkan bumi dan alam pun ikut senang melihat penampilan mereka dan pastinya aappplllaaauuuuss untuk mereka. anak kampung...dolanan bocah...dan orang kampung yang katanya tidak intelek.
tetap semangat dan keyakinanlah yang membuat kampung beserta isi nya tetap MEMPESONA !!!
by.nanktok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar