Minggu, 03 April 2011

internet dan anak - anak ( orang tua perlu mengawasi !!! )

Pernah berada di dalam warung internet (warnet) pada waktu tengah malam dan melihat banyak para remaja masih asyik dan lupa waktu untuk bermain? Pemandangan tersebut sudah tidak asing lagi, bagi setiap kita yang mungkin sering berada di warung internet. Hal inilah, yang menjadi salah satu isu yang menjadi perhatian pada hari-hari ini.

Sebenarnya perkembangan teknologi pada zaman sekarang ini sangatlah baik untuk kemajuaan intelektual setiap kita, namun seringkali disatu sisi terdapat hal-hal yang merupakan sisi negatif jika tidak disikapi dengan sebaiknya. Pengguna Internet di Indonesia sampai tahun 2010 sudah mencapai 57,8 juta orang. Dalam perkembangan yang cukup tinggi tersebut sangat lumrah jika sekarang banyak berkembang juga usaha warnet dimana-mana.

Setiap orang, siapa saja bahkan tidak terkecuali anak kecil tanpa didampingi orang dewasa sekalipun dapat mengaskes internet dengan bebas di setiap warnet tersebut. Penggunaan internet yang tidak didampingi oleh orang tua ataupun orang dewasa bagi anak-anak atau pun remaja seringkali menjadi satu kesempatan si anak untuk mencoba akses dan menelusuri situs-situs yang tidak memiliki nilai edukasi sedikit pun.

Di sinilah diperlukan pengawasan orang tua bagi anak ketika mereka mulai memiliki keingintahuan untuk mencoba hal-hal baru di dunia maya yang sering kita sebut sebagai blue ocean. Apa yang perlu diterapkan untuk mencegah dampak negatif dari penyalahgunaan yaitu dengan satu kedisplinan waktu yang diberikan orang tua untuk mengizinkan anak menggunakan internet, atau jika anak harus berada di warnet. Tidak membiarkan anak berlama-lama tanpa mengingat waktu. Berikan ketentuan waktu penggunaannya. Selain itu orang tua juga wajib mendampingi anak ketika mereka ingin melakukan browsing bagi anak yang berada dibawah umur dan masih memerlukan bimbingan orang tua atau orang yang lebih dewasa.

Seringkali orang tua berpikir lebih aman atau lebih baik anak bermain di depan komputer berjam-jam daripada harus berada di luar dan di tempat yang tidak jelas. Di satu sisi memang ada keuntungan karena si anak betah berada di rumah daripada harus menghabiskan waktu di luar, tapi perhitungkan juga  

Pengawasan orang tua setidaknya bisa memastikan penggunaan internet tersebut tidak disalah gunakan dengan menanamkan nilai-nilai moral yang baik sedini mungkin dapat meminimalisir dampak negatif dari penyalahgunaan  penggunaan internet.
by.nanktok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar